Senin, 21 Oktober 2013

Pengertian DNS (Domain Name System)

1. Pengertian 

(Domain Name System) adalah suatu sistem yang mengubah nama host (seperti     linux.or.id) menjadi alamat IP (seperti 64.29.24.175) atas semua komputer yang terhubung langsung ke Internet. DNS juga dapat mengubah alamat IP menjadi nama host.
            DNS bekerja secara hirarki dan berbentuk seperti pohon (tree). Bagian atas adalah Top Level Domain(TLD) seperti COM, ORG, EDU, MIL dsb. Seperti pohon DNS mempunyai cabang-cabang yang dicari dari pangkal sampai ke ujung. Pada waktu kita mencari alamat misalnya linux.or.id pertama-tama DNS bertanya pada TLD server tentang DNS Server yang melayani domain .id misalnya dijawab ns1.id, setelah itu dia bertanya pada ns1.id tentang DNS Server yang bertanggung jawab atas .or.id misalnya ns.or.id kemudian dia bertanya pada ns.or.id tentang linux.or.id dan dijawab 64.29.24.175.

2. Fungsi DNS

  •  Menerjemahkan nama komputer ke IP address (memetakan nama komputer menjadi IP   address).
  •  Kerangka Peraturan pengiriman secara kontroversi menggunakan keuntungan jenis rekod DNS, dikenal sebagai rekod TXT.
  • Menyediakan keluwesan untuk kegagalan computer,Beberapa server DNS memberikan perlindungan untuk setiap domain. Tepatnya,Tiga belas server akar (root server) digunakan oleh seluruh dunia.   
   3. Kelebihan DNS 

1.   Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer, cukup host name.
2.  Konsisten, IP address sebuah komputer bisa saja berubah, tapi host name tidak harus berubah.
3.   Simple, DNS server mudah untuk dikonfigurasikan.
4.   DNS mudah untuk di implementasikan di protocol TCP/IP DNS server mudah untuk di konfigurasikan(Bagi admin) User tidak lagi di repotkan untuk mengingat IP address.

4. Kekurangan DNS

1. User tidak dapat menggunakan nama banyak untuk mencari nama domain baik di internet maupun internet.
2. DNS tidak mudah untuk di implementasikan
3. Tidak Konsisten
4. Tidak bisa membuat banyak nama domain


0 komentar:

Posting Komentar